MAKALAH KENDALA DALAM PERUSAHAAN MEUBEL
“KARYA MAKMUR”
NAMA :
ADRIAN TEGUH WAHYUDI
NIM :
2013104001
SI MANAJEMEN / VIIA
I.
PENDAHULUAN
Perusahaan manapun pasti pernah
mengalami kasus internal. Mulai dari tingkat individu, kelompok, sampai unit.
.Mulai dari derajat dan lingkup kasus yang kecil sampai yang besar. Dalam
sebuah perusahaan konflik atau masalah bisa bahkan sering terjadi,
Salah satunya adalah masalah ketika
produktifitas pekerja menurun, tentunya hal ini dapat berpengaruh buruk bagi
perusahaan, dan berikut ini adalah sedikit contoh kasus dan cara menyiasatinya.
Yang relatif kecil seperti masalah adu mulut tentang pribadi antarkaryawan,
sampai yang relatif besar seperti beda pandangan tentang strategi bisnis di
kalangan manajemen. Contoh lainnya dari kasus yang relatif besar yakni antara
karyawan dan manajemen.
II.
PROFIL PERUSAHAAN
Nama Perusahaan : KARYA MAKMUR
Bidang Usaha : Meubel
Lokasi : Karangduwet, Salatiga
Berdiri Sejak : 2005
III.
PERMASALAHAN DAN SOLUSI DALAM
PERUSAHAAN
1. pekerja merasa bosan atau merasa tidak berkembang dengan
bidang yang ia lakukan/kerjakan. Jika terjadi hal seperti ini perusahaan tidak
bisa langsung mengambil keputusan kalau si pekerja tidak baik dalam bekerja.
Tapi perusahaan bisa mencoba dengan cara menempatkan pekerja pada bidang yang
lain barang kali dengan cara seperti ini pekerja menemukan bidang yang cocok
sehingga bisa lebih mengembangkan bakat dan kemampuannya,
2. kondisi yang kurang kondusif di
dalam lingkungan kerja,
menciptakan kondisi yang kondusif
dalam lingkungan kerja ini sangat penting, misalnya sirkulasi yang baik dan
penerangan cahaya yang cukup karna dengan
lingkungan kerja yang nyaman pekerja
pun dapat meningkatkan produktifitas kerjanya.
3. adanya masalah antar karyawan karena ejekan atau merasa
adanya diskriminasi. Hal semacam ini tentunya juga dapat
membuat pekerja merasa tertekan atau merasa di remehkan dan tentunya juga dapat
berdampak pada produktifitas kerja. Nah langkahyang baik yang harus dilakukan
oleh suatu perusahaan sebagai perusahaan yang baik adalah menghindari segala
sesuatu yang dapat menimbulkan kecemburuan sosial dan menciptakan suasana yang
rukun dan harmonis antar pekerja.
4.
Kegagalan Pelaksanaan Manajemen Sumber Daya alam. Pelaksanaan manajemen
perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
1. Budaya organisasi
2. Sistem nilai
3. Norma
4. Perilaku
5. Input organisasi
6. Proses perencanaan
7. Pengendalian kepemimpinan
8. Output
5. Pentingnya
Organisasi yang Baik. Ciri-ciri organisasi ialah:
a. Terdiri dari dua orang atau lebih
b. Terjalin kerjasama
c. Terdapat komunikasi antar anggota
dengan yang lain
d. Ada tujuan yang ingin dicapai
Organisasi dapat dilihat dari dua
sudut pandang yang berbeda, yaitu:
·
Organisasi
sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan
·
Organisasi
sebagai kelompok yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama
6. Peran Organisasi di dalam
Perusahaan.
a. Menciptakan bayangan kesuksesan
untuk bisnis kita, dengan memiliki struktur organisasi kita telah berimajinasi
seperti apa bisnis kita dimasa mendatang.
b. Memudahkan pengembangan SDM
c. Fungsi delegasi
IV.
KESIMPULAN
Ciptakan
selalu suasana bekerja yang aman dan nyaman, juga ciptakan sebuah keharmonisan
dalam bekerja karna dengan begitu dapat meminimalkan konflik yang akan terjadi
di perusahaan. Dan cobalah untuk selalu berfikir positif, karna dengan fikiran
yang positif maka kita juga bisa menciptakan sesuatu yang bernilai positif.
No comments:
Post a Comment